Rabu, 19 November 2008

Love at First Sight


... kamu percaya itu ada?

Ingatanku kembali pada Sabtu malam itu. Linggarjati, kaki Gunung Ciremai. 17 November 2007. Aku, Windu, dan Mimim. Dalam Blu yang menapaki jalanan menanjak, menembus gelap dan hujan rintik-rintik.

"Gua gak percaya love at first sight itu ada." Kata Mimim. "Kayak gituan mah tahayul."

Tahayul. Aku membatin. Ya. Kata orang Jawa, witing trisno jalaran suko kulino. Cinta muncul dari kedekatan karena sering bertemu. Itulah dogma yang melekat pada keyakinan banyak orang awam. Dogma yang memberikan penjelasan rasional mengapa cinta bisa tumbuh. Dan aku, aku sempat menjadi salah satu penganut dogma itu. Aku pernah menjadi ateis love at first sight.

Hingga sebuah sore yang cerah mengubah semuanya...

"Dulu aku juga kayak kamu Mim." Aku angkat bicara. "Tapi terus, aku ngalamin sendiri. Love at first sight itu."

Suara mesin Blu meraung. Suara wiper menyingkirkan tetesan hujan dari kaca.

"Kayak gimana?"

Ingatanku mengembara lebih jauh lagi. Pada sore itu. Ya, sore itu. Langitnya cerah dan sinar matahari berwarna oranye. Aku kembali ke sekolah untuk menemui Miftah, sahabatku. Ia memimpin sebuah rapat kecil. Dalam rapat itu seorang gadis tertawa pada gurauanku. Saat itulah pandangan kami bertemu. Wajah itu. Senyum itu. Sorot mata itu. Cerah tertimpa cahaya matahari sore. Menggetarkan hati, membangkitkan kerinduan. Seperti sosok kekasih yang kutemukan kembali setelah lama menghilang...

Sore itu. Sore pertama aku bertemu dan berkenalan dengannya. Sore itu juga aku mengantarkannya pulang.

Tidak butuh waktu lama bagi kami untuk saling menemukan. Tidak butuh waktu lama untuk saling merasa nyaman. Sejumlah keajaiban mempertemukan kami tanpa alasan yang jelas. Dan seiring bergulirnya waktu, pertemuan kami bukan lagi hanya keajaiban--karena kami mulai meniatkan diri untuk saling mencari, saling menemani, dan saling berbagi. Ah, masa itu. Masa di mana kami juga, perlahan-lahan, mulai menyadari, bahwa kami--entah bagaimana--saling terhubung. Aku selalu tahu jika ia memang berencana keluar kota, atau jatuh sakit, atau mengalami musibah. Aku selalu tahu. Karena sebelum itu terjadi, ia akan hadir dalam mimpiku. Sama juga dengannya. Saat ia memimpikanku, ia bertanya padaku di sekolah, atau meneleponku di hari libur--dan bertepatan dengan itu, aku memang berencana ke luar kota, atau sedang jatuh sakit, atau mengalami suatu musibah. Aku teringat suatu kejadian, suatu Senin pagi di sekolah, ketika ia marah-marah padaku karena aku tidak menghubunginya pada malam minggu. Malam di mana ia mendadak merasa sangat gelisah hingga tidak bisa tidur. Malam yang sama, ketika aku terjebak kabut tebal selepas Maghrib di Ciwidey hingga tidak bisa pulang...

Bahkan setelah kami berpisah, hubungan ajaib itu masih saja ada. Dua kali aku bermimpi tentangnya--dan saat menghubunginya, aku mendapatinya baru saja sakit. Ia pernah meng-SMS-ku saat aku sakit typhus--karena malam sebelumnya ia melihatku dalam mimpinya.

"Mungkin kalian memang pasangan di kehidupan yang lalu." Komentar Windu. "Makanya kalian terhubung sekuat itu."

Aku hanya angkat bahu.
Suara mesin Blu meraung. Dan langit gelap di kaki Gunung Ciremai masih mencurahkan hujan rintik-rintik.


***


Sebuah Selasa siang yang berawan. Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. 18 November 2008.

Aku melangkah cepat menuruni tangga lantai 2, menuju koridor rumah sakit. Menyambut kebebasan setelah menangani pasien demensia vaskuler yang melelahkan. Sekelompok gadis berjas dokter berjalan di depanku. Perhatianku tertumbuk pada salah satu dari mereka dan pada saat yang sama gadis itu menoleh. Saat itulah pandangan kami bertemu. Wajah itu. Senyum itu. Sorot mata itu. Cerah dengan jas dokter yang berwarna putih bersih. Membangkitkan perasaan kuat yang menjadikan pikiran dan perasaan lainnya begitu tidak berarti.

"Kakak?"

Barulah aku menyadari siapa gadis itu. "Ya ampun! Kamu?!"

"Ngapain Kak?"

"Aku di Klinik Memori, di atas. Sama dr. Anam. Kamu lagi koas di bagian mana?"

"Baru dari poli bedah."

"Tadi aku nggak ngenalin kamu lho. Kamu berubah banget."

"Kenapa? Gendutan ya?"

"Nggak. Berubah aja. Umm... beda, aja."

"Kakak juga. Kurusan."

Aku tertawa. "Aku nggak tahu harus diapain lagi nih. Nggak bisa gemuk-gemuk."

"Makannya yang banyak dong, Kak."

"Udah. Nggak berhasil. Mungkin kamu punya usulan diet buatku?"

Dan akhirnya. Persimpangan koridor itu memisahkan kami. Ia dan teman-temannya ke kanan. Aku menuju pintu keluar ke kiri.

Kurang dari satu menit. Pertemuan dan perbincangan itu hanya kurang dari satu menit. Namun dalam waktu kurang dari satu menit itu, semua pikiran dan perasaan lebur menjadi satu kesadaran. Di sini, saat ini. Dan ketika akhirnya aku berjalan pulang, ketika akhirnya aku duduk di bangku di sudut angkot, pikiran dan perasaanku masih menetap di sana. Di koridor rumah sakit yang ramai. Di dalam waktu kurang dari satu menit yang telah membeku, menjadi selamanya.

Mungkin kalian memang pasangan di kehidupan yang lalu. Makanya kalian terhubung sekuat itu.

Ya, mungkin. Aku merenung sendiri. Mungkin kami memang pasangan dari kehidupan-kehidupan yang lalu. Mungkin itu sebabnya, sorot mata itu selalu menggetarkan hati. Merasuk sampai ke relung batin. Bahkan sebelum aku mengenali, dan menyadari, siapa dia.

Love at first sight. Betapa aneh fenomena itu. Orang rasionalis bisa mengatakan, semua itu kebetulan. Tapi aku tidak akan mengatakan demikian. Karena, setelah aku mengalaminya--aku tahu itu bukan kebetulan belaka. Love at first sight memungkinkan pasangan untuk saling mencintai pada detik pertama pandangan mereka saling bertemu--karena mereka memang pernah menjadi kekasih di kehidupan sebelumnya, dan first sight hanyalah pertemuan mereka kembali.

Love at first sight...
...kamu percaya itu ada?

Ya, aku percaya itu ada.

Kamu?



Bandung, 19 November 2008

58 komentar:

Anonim mengatakan...

gw belom percaya karena belom ngalamin... ahahahahahaha

yang sering love at first sight mah kayaknya cowo2 ya...

caki mengatakan...

gw sih sering tapi orangnya (yang mana saya suka daripadanya hehe) kayanya ga pernah tuh love at first sight ke gw, huahahahahahaha...... kangen afeksi nih... tulisan lo bikin galau... galau... galau....

Astrid mengatakan...

sama kya teh tiffa, blum pernah ngalamin..
tapi,,perasaan love at first sight itu bisa dijelaskan dengan konsep 'blink' dari Malcolm Gladwell ga, kang?:D

reza fathur mengatakan...

Tanpa bermaksud merendahkan (punten, secara jujur gw kadang-kadang suka bingung kalo dengar ada orang bicara mengenai kehidupan yang lalu..
apa iya ada? ono-ono wae.. haha..

mungkin yang lebih tepat bukan
"mungkin kalian memang pasangan di kehidupan yang lalu..",

tapi yang lebih tepat:
"mungkin kalian memang pasangan yang tepat di kehidupan ini.."
atau bisa juga "mungkin kalian memang pasangan yang tepat di kehidupan yang akan datang.."

haha..

anyhow; cintailah sekedarnya,bencilah sekedarnya. jangan berlebihan.
simpel kan?=D

Rizal Affif mengatakan...

@ Tiffa: Cowo2? Waduh, harap jangan samakan ini dengan physical attraction di mana cowo2 liar jelalatan liat cewe cantik/seksi lantas pikirannya kemana-mana dengan lidah terjulur =p itu mah gada beda sama kucing jantan lagi birahi trus liat kucing betina lewat =p lagian, seksis amat, Tif? It can happen to anyone... but very rarely =p

@ Caki: Waduh? Sering??? [confused] halah, kangen afeksi masih ada cewe lo kan? Kalo ga dapet ya beli ja boneka Teddy Bear gede, simpen di kamar buat dipeluk2 (pelarian yang aneh)

@ Acied: Blink? Hmm... beda sih. Sebetulnya si Malcolm Gladwell sendiri paling takut teorinya itu disalahgunakan. Malah sampe ada yang menentang teori BLINK itu dalam buku THINK!, nah yang nentang ini juga kayanya salah pengertian sama teorinya Gladwell ini. Jadi yang dimaksud Gladwell di bukunya adalah intuisi yang lahir dari latihan/praktik sampe gape. Misalnya orang yang belajar nyetir, awalnya dia harus mikir kapan kopling diinjek, kapan masukin gigi, ngeremnya harus sedalam apa, gasnya harus segimana, dll... tapi setelah lama, nyetir ga perlu dipikirkan lagi, kita bahkan bisa melakukan manuver2 canggih, karena semua sudah diambil alih oleh intuisi. Jadi, intuisi yang dimaksud Gladwell dalam BLINK bukan intuisi spontan yang emang bisa ketuker2 antara intuisi spiritual dengan gut-feeling =D bgitu Cied =D

Reza: Waduh ampun Kang! Hehehehehe... tapi kita memang punya pemahaman yang berbeda tentang Tuhan dan alam semesta. In my experience, previous life do exist. Even multiple lives (coba baca JOURNEYS OF LIFE, tapi orang yang ga terbuka biasanya akan bilang itu hoax, meskipun di mata saya itu sangat logis). Tapi, bagus juga pemikiranmu. Mungkin memang jodoh di masa ini, atau di masa yang akan datang. Karena, after all, past, present, and future itu kan ilusi, semuanya terbaur jadi satu kalo kita keluar dunia material, karena waktu adalah properties-nya alam semesta material (hayoh makin njelimet). Cintailah sekadarnya, bencilah sekadarnya. Makanya saya nikmatin aja apa adanya, heheheheh =D nuhun sudah mampir =)

....WasiL.... mengatakan...

hehehe, sama kaya reza, emang ada ya kehidupan sebelumnya ??
ada juga dinosaurus =D
*heheh, maaph ndu*

sedikit bagian tulisanmu nyerempet apa yg gw tulis, ttg cinta itu sendiri, emang bisa ya ditumbuhin ??
gw sendiri masi blm bisa jawab. mgkn ada yg punya jawabannya ?

ttg keterhubungan lo yg terasa kuat dengannya, mgkn emang dia soulmate lo x ? yg entah gimana dan mo sampe kapanpun, ikatan itu akan ttp ada, bagaimanapun hubungan kalian. soulmate kan ga musti jadi pasangan jg ga siy ?

kl "i knew i loved u before i met u", gw percaya itu, tapi kl love at 1st sight ? mmh, entah, rasanya ngga ya...
itu bukan cinta..
hanya keterpesonaan akan wujudnya..

Astrid mengatakan...

nahh,,kg rizal nyebut keywordnya:D
"intuisi yang lahir dari latihan/praktik sampe gape"

gimana kloo...misalnya love at first sight itu lahir karna seseorang udh lama mencari, dan tiba2 rasa itu muncul aja, "klik" ketika ketemu seseorang walopun pada pandangan pertama?:E
*pencarian itu kan mirip2 praktek karna jadi trlatih utk mendalami karakter seseorang?* hehe..
eh,atau love at first sight lebih spesifik ke fisik y?

Anonim mengatakan...

kehidupan sebelumnya? pas dikandung maksudnya om?

smpe skarang blm ada yg bisa menjelaskan tentang kehidupan (alam) seblum ataupun yang akan datang. jadi mari kita sebut saja sebagai pemahaman transrasional.

bedanya klo kehidupan setelah yg skarang memang salahsatu yg harus kita imani. nah klo kehidupan sebelumnya??

misteri bung,,

Rizal Affif mengatakan...

Dari awal saya sudah punya firasat, tulisan ini bakal kontroversial =p

Untuk pertanyaan, apakah kehidupan sebelumnya ada, well, sudah ada yang menjelaskan/membuktikannya. Banyak malah, dan semuanya mengarah pada kesimpulan yang sama. Thx to Hypnotherapy. Tapi saya juga sadar, banyak yang akan menutup mata, menutup telinga, dan menuduhnya kebohongan. Most of us hate to find that evidences does not support belief we hang into, so most of us tend to dismiss such evidences rather than jeopardizing/ruining our existing belief...

*No offense. You may keep your belief. And I may keep mine.

BTW,

@ Wasil: Yep soulmate ga harus jadi pasangan. Dan kayaknya setiap orang punya lebih dari satu soulmate yang bisa jadi sahabat, orangtua, saudara, tetangga, dll. I believe love is universal, not just between a man and a woman =p

Tadinya saya mau nyuplik lirik lagu itu, tapi ga jadi, soalnya ga gitu juga si. Before I met u? Ga juga. Tapi pas pertama ketemu, nah itu. Keterpesonaan akan wujud? Kan udah gua jelasin (@ Tiffa), it's different. Keterpesonaan akan wujud si saya mengalami berkali-kali. Tapi biasanya ga meninggalkan kesan mendalam. Nah, u won't understand it until u experience one yerself (kecuali ya kalo kamu berusaha merasionalisasi segalanya :D)

@ Acied: Hmm... kalo gitu, harusnya sensasi itu selalu muncul setiap kali ketemu cewe yang cocok setelah itu dong? Nope. It's just her. And like I explained, it's nothing physical. Kalo physical, saya ga bakal menyebutnya cinta, tapi nepsoooooooooooonnnnngggggg =D dan ga akan repot2 saya tulis di blog panjang lebar, it's kindof humiliating myself =p

Anonim mengatakan...

Aku masih ga percaya.
Dulu,maupun sampe sekarang.

Tapi,aku mau mengalaminya.
BErarti semua lelaki yang kukenal tentunya bukan my love at first sight ya.haha.sayang sekali.

hohoho ^_^

Anonim mengatakan...

jika saja anda faham arti kata transrasional, tentu perdebatan merupakan kesia-siaan. biarlah waktu yg menjawab.

Rizal Affif mengatakan...

@ Anonim #1: Kepercayaan itu subjektif. Kalau tidak percaya ya gapapa. Lagipula, ga segitu penting kok. We don't have to experience one to find a mate :)

@ Anonim #2: Jika saja Anda sudah baca minimal Jouneys of The Souls, mungkin bahkan Anda tidak akan menggunakan kata transrasional sejak awal =p p.s. Bahkan saya tidak yakin Anda menggunakan kata itu dengan arti yang tepat, karena kata transrasional memang kerap disalahartikan =p piss! :D

Anonim mengatakan...

eh eh jal, ini teh ngomongin Bonita, Trisa, ato siapa sih???

Rizal Affif mengatakan...

Bonita? Trisa?

Hey, neither of them are in Medisch. She's a doctor-will-be I was talking.

Turn out you don't know me that well :D

Kamojima mengatakan...

lah klo yg di ktemu SMA sapa tuh? beda lagi ato sama orangnya ya...

oooo Mira yaaa.....

Anonim mengatakan...

Bener kok, memang ada kehidupan di masa lalu sebelum kehidupan kita di dunia...Yak, di alam ruh...dimana kita diberikan oleh Allah tentang siapa jodoh kita, kapan kita wafat, bagaimana rezeki kita...Nah tentang bagaimana Allah telah menentukan siapa jodoh kita, di sanalah mungkin logika dan penelusuran kesadaran kita pada area ketidaksadaran berbaur.

Saya juga beberapa kali merenungi sebuah fenomena yang saya rasakan tentang kehidupan masa lalu, tapi kemudian saya menemukan ke-sreg-an rasa dan pikir untuk menghayati bahwa kehidupan masa lalu itu adalah saat di alam ruh. Wallahu alam mungkin bisa jadi buah penelusuran eksistensial lebih jauh lagi...

Anonim mengatakan...

yup, benar sekali. saya hanya menggunakan definisi transrasional yang banyak digunakan orang2 (yang terdengar normal sajalah). yang banyak bisa ditemukan dengan bertanya pada sang gugel, soalnya saya tidak begitu suka untuk dipengaruhi oleh cuma satu orang penulis saja (bahkan oleh jane burns sekalipun). selamat menggunakan DEFINISI yang ANDA yakini.

Anonim mengatakan...

Could you spare me a moment? buy clomid generic medicine http://wiki.answers.com/Q/User:Med-help buy androgel hcg clomid I hope we'll meet again.

How are you feeling? buy clomid and nolvadex online buy clomid online no prescription
buying clomid generic medicine Give my regards to your sister.

Anonim mengatakan...

Thank you, very well. order generic diflucan http://www.stumbleupon.com/url/tentology.net/buy_zyrtec_en-us.html order uk diflucan See you later! g

I'm all right. order uk diflucan solo mastercard switch order discount diflucan free shipping
order diflucan online no prescription See you tomorrow! i

Anonim mengatakan...

Thank you, not so bad. valtrex cost http://www.stumbleupon.com/url/tentology.net/buy_valtrex_en-us.html valtrex cost See you tomorrow!

Hallo! valtrex cost valtrex cost valtrex cost You're not in a hurry, are you?

Anonim mengatakan...

Good evening! buy clomid http://www.playlist.com/blog/entry/12526097155 buy clomid Come back soon.

Hallo! buy clomid buy clomid
buy clomid All the best!

Anonim mengatakan...

I haven't seen you for weeks.
buy lasix http://www.playlist.com/blog/entry/12530350595 buy lasix Give my regards to your sister.

How are you feeling?
buy lasix buy lasix
buy lasix
A merry Christmas!

I'm all right.
buy zithromax http://www.playlist.com/blog/entry/12529890051 buy zithromax Give my regards to your sister.

Good afternoon!
buy zithromax buy zithromax
buy zithromax
Happy birthday to you!

Anonim mengatakan...

lot http://wiki.openqa.org/display/~zithromaxforsale zithromax for sale want zithromax for sale
bed [url=http://wiki.openqa.org/display/~zithromaxforsale]zithromax for sale
[/url] money

between http://wiki.openqa.org/display/~zithromaxprice zithromax price rule zithromax price
eye [url=http://wiki.openqa.org/display/~zithromaxprice]zithromax price
[/url] high

Anonim mengatakan...

acetal http://buy-clomid.viviti.com buy clomid croup-associated virus buy clomid
pulse wave duration [url=http://buy-clomid.viviti.com]buy clomid
[/url]

Anonim mengatakan...

furcal nerve http://virb.com/buyclomidonline buy clomid blue spot buy clomid
epituberculous infiltration [url=http://virb.com/buyclomidonline]buy clomid without prescription
[/url]

Anonim mengatakan...

traumatic tetanus http://wiki.answers.com/Q/User:Stop-acne generic accutane Czerny-Lembert suture accutane and drinking
plateletapheresis [url=http://wiki.answers.com/Q/User:Stop-acne]accutane and diabetes
[/url]

Anonim mengatakan...

fetal zone http://wiki.answers.com/Q/User:Wellbutrin wellbutrin 150 sr twice daily benzothiadiazides wellbutrin sr 150 no prescription
gracile tubercle [url=http://wiki.answers.com/Q/User:Wellbutrin]buy wellbutrin
[/url]

Anonim mengatakan...

bradykininogen http://virb.com/acnemed link nodi lymphoidei abdominis parietales et viscerales information about accutane
gyrus temporalis transversus posterior [url=http://virb.com/acnemed]before and after pic
[/url]

Anonim mengatakan...

spintharicon http://www.kindel.com/members/buy-clomid-online.aspx buy clomid chronic interstitial salpingitis clomid
surveillance [url=http://www.kindel.com/members/buy-clomid-online.aspx]buy clomid
[/url]

Anonim mengatakan...

vestibular canal http://vicpharm.webs.com/ buy clomid gastrojejunocolic generic clomid
fraction [url=http://vicpharm.webs.com/]buy clomid
[/url] immunoreactive insulin http://www.telltalegames.com/forums/member.php?u=48176 generic vicodin pillars of fauces vicodin
Roller nucleus [url=http://www.telltalegames.com/forums/member.php?u=48176]buy vicodin
[/url] popliteal notch http://www.telltalegames.com/forums/member.php?u=48332 clomid tetanus immune globulin generic clomid
Orthomyxoviridae [url=http://www.telltalegames.com/forums/member.php?u=48332]generic clomid
[/url]

Anonim mengatakan...

amylopsin http://www.reuniting.info/user/4053 generic clomid croup clomid
vasomotor nerve [url=http://www.reuniting.info/user/4053]clomid
[/url] lymphogenous http://www.archive.org/details/Buy-Clomid-Online-Pharmacy generic clomid Ofuji disease clomid success rates
ligamentum hepatogastricum [url=http://www.archive.org/details/Buy-Clomid-Online-Pharmacy]buy clomid
[/url]

Anonim mengatakan...

philippines free dating [url=http://loveepicentre.com/]online adult dating[/url] brighton dating http://loveepicentre.com/ adventure travel singles

Anonim mengatakan...

gastrojejunostomy http://soundcloud.com/buy-clomid-online buy clomid Elapidae clomid
tissue valve [url=http://soundcloud.com/buy-clomid-online]buy clomid
[/url] mesoontomorph http://subscene.com/members/Buy-Clomid-_2D00_-Online-Pharmacy.aspx buy clomid Houston generic clomid
silica granuloma [url=http://subscene.com/members/Buy-Clomid-_2D00_-Online-Pharmacy.aspx]clomid
[/url]

Anonim mengatakan...

phosphoglycerate kinase http://subscene.com/members/Buy-Vicodin-Online-Pharmacy.aspx generic vicodin plateletapheresis buy vicodin
oval foramen of heart [url=http://subscene.com/members/Buy-Vicodin-Online-Pharmacy.aspx]vicodin
[/url] posterior thalamic radiation http://subscene.com/members/Buy-Cialis-Online-Pharmacy.aspx cialis longitudinal oval pelvis generic cialis
articular lamella [url=http://subscene.com/members/Buy-Cialis-Online-Pharmacy.aspx]generic cialis
[/url] hypodipsia http://subscene.com/members/Buy-Accutane-Online-Pharmacy.aspx buy accutane Myxozoa buy accutane
hemispherium cerebelli [url=http://subscene.com/members/Buy-Accutane-Online-Pharmacy.aspx]generic accutane
[/url]

Anonim mengatakan...

rojiho http://subscene.com/members/Buy-Vicodin.aspx generic vicodin qcvjlb vicodin
cnyoel [url=http://subscene.com/members/Buy-Vicodin.aspx]vicodin dosage
[/url] dueztg http://subscene.com/members/Buy-Cialis.aspx generic cialis rwpvhl cialis
fdxxlj [url=http://subscene.com/members/Buy-Cialis.aspx]cialis
[/url] firthb http://subscene.com/members/Buy-Accutane.aspx buy accutane ysxesk generic accutane
zmjmje [url=http://subscene.com/members/Buy-Accutane.aspx]generic accutane
[/url]

Anonim mengatakan...

aurora medical systems inc [url=http://usadrugstoretoday.com/products/brand-tamiflu.htm]brand tamiflu[/url] college students drug use http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-acidite.htm bi polar depression ii http://usadrugstoretoday.com/categories/skin-care.htm
sinus infection uk [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/parte-pills.htm]parte pills[/url] african american bleeding disorder [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zyvox.htm]health condition questionnaire[/url]

Anonim mengatakan...

canine heart failure lung cancer [url=http://usadrugstoretoday.com/products/vermox.htm]vermox[/url] rottweiler diet http://usadrugstoretoday.com/products/levitra.htm buy diet pills cheap with no prescriptions http://usadrugstoretoday.com/products/differin.htm
growth on dogs gum [url=http://usadrugstoretoday.com/testimonials.htm]testimonials[/url] recurrent testicular infections [url=http://usadrugstoretoday.com/products/sublingual-cialis.htm]prevention of diabetes department of health uk[/url]

Anonim mengatakan...

catherization heart [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/antidepressivo---anti-ansia.htm]antidepressivo anti ansia[/url] aloha medical clinic http://usadrugstoretoday.com/products/celexa.htm doran rogers medical http://usadrugstoretoday.com/products/omnicef.htm
what is the drug hydro [url=http://usadrugstoretoday.com/products/hydrea.htm]hydrea[/url] breast tenderness with enlargement [url=http://usadrugstoretoday.com/products/clozaril.htm]close up of breast[/url]

Anonim mengatakan...

urinary tract surgery what to expect [url=http://usadrugstoretoday.com/products/levitra.htm]levitra[/url] pop leaches calcium out of your bones http://usadrugstoretoday.com/products/biaxin.htm ulnar nerve recognize a double crush syndrome http://usadrugstoretoday.com/categories/controllo-delle-nascite.htm
social worker role in mental health [url=http://usadrugstoretoday.com/products/sarafem.htm]sarafem[/url] glucosamine in diabetic dogs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tentex-royal.htm]caffiene effect on blood pressure[/url]

Anonim mengatakan...

texas tech medical health science abilene [url=http://usadrugstoretoday.com/products/amitriptyline.htm]amitriptyline[/url] what dental plan does goldberger and joseph in monroe ny accept http://usadrugstoretoday.com/products/albendazole.htm jameson health system new castel http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-depresseur---anti-anxiety.htm
dooney and bourke heart key fob [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-saure.htm]anti saure[/url] vertical gastrectomy and national institutes of health [url=http://usadrugstoretoday.com/tos.htm]community health centre[/url]

Anonim mengatakan...

http://online-health.in/azithromycin/answers-for-azithromycin-coagulation
[url=http://online-health.in/atarax/atarax-online]health insurance community care[/url] drug schedule class [url=http://online-health.in/biaxin/will-biaxin-chlamydia]will biaxin chlamydia[/url]
suzies pharmacy in progreso mexico http://online-health.in/anafranil/side-effects-of-anafranil
[url=http://online-health.in/benadryl/half-life-of-benadryl-in-urine-drug-screens]regency pharmacy iow[/url] drug and human trafficking [url=http://online-health.in/antabuse/drinking-non-achcolicj-beer-on-antabuse]drinking non achcolicj beer on antabuse[/url]
pharmacy technician prep http://online-health.in/bentyl/bentyl-prn
[url=http://online-health.in/beconase/beconase-aq]online pharmacy visa[/url] pharmacy tech practice test [url=http://online-health.in/anxiety/retirement-feelings-anxiety]retirement feelings anxiety[/url] billy squier drug use [url=http://online-health.in/arrhythmias/what-can-cause-sinus-arrhythmias]what can cause sinus arrhythmias[/url]

Anonim mengatakan...

auto capture for website http://eautoportal.in/infiniti/infiniti-model-kit compatible wireless headphones for all auto dvd systems
[url=http://eautoportal.in/ducati/alice-ducati]checker automobile[/url] problems with 1980 volkswagen rabbit [url=http://eautoportal.in/automobile/automobile-gps-devices]automobile gps devices[/url]
how do you change spark plugs in a mercedes c220 http://eautoportal.in/automobiles/plymouth-automobiles-in-1956
[url=http://eautoportal.in/citroen]automobile vibration causes[/url] auto transport routes for sale fort worth dallas texas [url=http://eautoportal.in/jeeps/jeep-liberty-shift-4wd]jeep liberty shift 4wd[/url]
how to rebuild automobile ac compressors http://eautoportal.in/citroen/citroen-c5-cc
[url=http://eautoportal.in/freightliner/freightliner-steering-column-parts]motortrend frankfort auto show lamborghini[/url] kentucky automobile registration owners [url=http://eautoportal.in/hummer/hummer-h2-battery]hummer h2 battery[/url]

Anonim mengatakan...

travel brochure to japan http://atravel.in/car-rental_rental-car-delivery packing guidelines for air travel
[url=http://atravel.in/cruise_carnaval-valour-cruise-ships]discount airfare travel cheap airline tickets[/url] travel alarm clock with picture frame [url=http://atravel.in/hotel_hotel-charme]hotel charme[/url]
travel healthcare http://atravel.in/adventure_sonic-adventure-2-beta
[url=http://atravel.in/tour_samuel-adams-brewery-tour-line]now hiring electricians must travel[/url] travel advise [url=http://atravel.in/hotel_hotel-valley-ho-az]hotel valley ho az[/url]
gloubus travel http://atravel.in/tour_tour-companies-to-italy indian travel writings of wildlife [url=http://atravel.in/tour_vince-gill-and-amy-grant-christmas-tour]vince gill and amy grant christmas tour[/url]

Anonim mengatakan...

surface travel security http://wikitravel.in/maps/elevation-maps-roads-cycling patek philippe travel time
[url=http://wikitravel.in/map/viet-nam-map]directory of travel trade publications[/url] iowa salvage travel trailer [url=http://wikitravel.in/hotel/canadian-hotel-group-seattle-seatac]canadian hotel group seattle seatac[/url]
travel eze trailers http://wikitravel.in/map/street-map-of-long-island-city
[url=http://wikitravel.in/map/map-of-the-east-coast]yacht travel members quebec[/url] gracey travel [url=http://wikitravel.in/airline/airline-badge]airline badge[/url]
travel industry blogs http://wikitravel.in/airlines/united-airlines-credit-card vietnam weather for travel [url=http://wikitravel.in/vacation-packages/military-vacation-packages]military vacation packages[/url]

Anonim mengatakan...

mauritius horse racing tips for 25th of august http://latestcarnews.in/scooter/chinese-scooter mercedes 190 cd cable
[url=http://latestcarnews.in/saturn/saturn-sky-htm]auto buying service[/url] volkswagen crafter owners manual [url=http://latestcarnews.in/saab/maury-cadillac-saab]maury cadillac saab[/url]
mercedes benz forums http://latestcarnews.in/subaru/how-to-replace-half-shaft-subaru
[url=http://latestcarnews.in/top-fuel/fossil-fuel-diagram]auto tech jobs in greensboro and winston salem nc[/url] automobile buying websites [url=http://latestcarnews.in/royce/you-tube-rose-royce-car-wash]you tube rose royce car wash[/url]
mercedes benze r class http://latestcarnews.in/nissan/nissan-titan-rebates
[url=http://latestcarnews.in/scooters/cheap-50cc-scooters-for-sale]jennings volkswagen[/url] automobile cocoa mats uk [url=http://latestcarnews.in/panoz/panoz-esterranti]panoz esterranti[/url]

Anonim mengatakan...

discount chanel makeup http://topcitystyle.com/dolce-amp-gabbana-sport-zip-jacket-grey-item1155.html playboy shoes and clothing [url=http://topcitystyle.com/45-gucci-size51.html]horse riding clothes surrey[/url] charles jourdan shoes
http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=1999 no shoes no shirt no problem live [url=http://topcitystyle.com/ed-hardy-t-shirt-decorated-with-swarowski--item2559.html]super shoes[/url]

Anonim mengatakan...

teen porn zoey http://theporncollection.in/masturbating/sean-williams-masturbating-in-road-trip
[url=http://theporncollection.in/gay-love/prioners-fucked-gay]hentai threesome[/url] incest photos amateur [url=http://theporncollection.in/lesbian-sex/free-asia-carrera-lesbian-videos]free asia carrera lesbian videos[/url]
big tits fat ass porn http://theporncollection.in/gay-love/gay-boys-free-vids
[url=http://theporncollection.in/porn-galleries/upload-your-own-porn-video]adult pull on cloth diaper[/url] strange adult [url=http://theporncollection.in/gay-love/gay-mario]gay mario[/url]
prolapsed anal pink sock http://theporncollection.in/gay-anal/fart-sex-gay
[url=http://theporncollection.in/hentai-sex/pan-lolita-hentai]greenflag dildo[/url] newington ct adult education [url=http://theporncollection.in/orgy/black-white-gay-orgy]black white gay orgy[/url]
amateur foto porn http://theporncollection.in/porn-dvd/the-best-of-justin-dragon-porn
[url=http://theporncollection.in/gay-xxx/gay-bath-house-florida]bleach hentai thumbs[/url] adult imges [url=http://theporncollection.in/mature-woman/free-mature-housewife-cheat-story-forum]free mature housewife cheat story forum[/url]

Anonim mengatakan...

free anal milf mpeg http://xwe.in/adult-xxx/adult-filmstars
[url=http://xwe.in/hcg-oral/best-oral-irrigator]hentai krystal sex[/url] diedre holland porn [url=http://xwe.in/orgy/anime-lesbian-orgy]anime lesbian orgy[/url]
index anal http://xwe.in/blowjob/free-hardcore-blowjob-movies
[url=http://xwe.in/shemale/mega-shemale-cum]love hina hentai motoko[/url] adult services coventry [url=http://xwe.in/shemales/hogtied-shemales]hogtied shemales[/url]
free anal sex spank ass spanking first time http://xwe.in/bondage/bondage-with-tights
[url=http://xwe.in/blowjob/asian-bikini-blowjob-pictures]sarena porn[/url] ashes to ashes adult movie download [url=http://xwe.in/erotic-stories/erotic-role-play-kits]erotic role play kits[/url]
online stream porn amateur free http://xwe.in/fetish/swimming-cap-fetish
[url=http://xwe.in/gay-boy/corbin-gay-cruising]tehama county california active adult communities[/url] jinx hentai [url=http://xwe.in/blow/feather-hair-how-blow-dry]feather hair how blow dry[/url]

Anonim mengatakan...

movie the darjeeling limited [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-lcfc/541database/]LCFC[/url] on golden pond movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-resident-evil--extinction-/20606database/]Resident Evil (Extinction)[/url]
milf movie trailers [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-united-states-of-europe/2487database/]United States Of Europe[/url] whitewater wisconsin movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-gabriel/13221database/]Gabriel[/url]
learning movie computer animation [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-identity-theft/4696database/]Identity Theft[/url] amstar movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-va-a-ser-que-nadie-es-perfecto/313database/]Va A Ser Que Nadie Es Perfecto[/url]
amc movie theater greenwood [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-three-days-of-the-condor/1935database/]Three Days of the Condor[/url] matrix three movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-the-fan/19785database/]The Fan[/url]

Anonim mengatakan...

gilda delaurentiis http://luxefashion.us/lilac-roberto-cavalli-color128.html womens born shoes [url=http://luxefashion.us/women-s-tops-new-category19.html]jordan basketball shoes[/url] fashion merchandising jobs dallas
http://luxefashion.us/black-gold-women-s-tops-color204.html designer engagement ring setting [url=http://luxefashion.us/?action=products&product_id=677]rocket dog brand shoes[/url]

Anonim mengatakan...

mineral deficiency and anemia [url=http://usadrugstoretoday.com/products/accutane.htm]accutane[/url] how to make semen shoot http://usadrugstoretoday.com/products/cefadroxil.htm
tefilah medical procedure [url=http://usadrugstoretoday.com/products/prevacid.htm]prevacid[/url] rochester heart center [url=http://usadrugstoretoday.com/products/kytril.htm ]drug tutorial for nursing students [/url] boston tea ship
flucuation in heart rate [url=http://usadrugstoretoday.com/products/claritin.htm]claritin[/url] can you shoot up crack http://usadrugstoretoday.com/products/lozol.htm
quick weight loss for teen [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/blood-pressure.htm]blood pressure[/url] sauna and cold plunge health benefits [url=http://usadrugstoretoday.com/products/combivent.htm ]tea partay [/url] drug and alcohol abuse

Anonim mengatakan...

laurence fishburne movies http://www.thefashionhouse.us/navy-blue-pullover-color21.html adam ant shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/navy-blue-on-sale-color21.html]timberlland shoes[/url] clothes disappear nightvision
http://www.thefashionhouse.us/?action=products&product_id=1040 crocodile shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/orange-off-white-women-color212.html]wallstreet clothes[/url]

Anonim mengatakan...

travel trailer wholesale value http://xwl.in/plane-tickets/cheap-plane-tickets-to-reno-nevada assistance for disabled in international air travel
[url=http://xwl.in/vacation-packages/where-can-i-find-great-vacation-packages]travel to south india[/url] hawaii travel big island [url=http://xwl.in/airport/merowe-airport]merowe airport[/url]
travel voucher fraud investigation http://xwl.in/lufthansa/boeing-747-400-thai-airways
[url=http://xwl.in/cruise/florida-daily-cruise-ships]road trips travel[/url] tax on international airline travel [url=http://xwl.in/vacation-packages/the-cheapest-vacation-packages-in-new-york-new-york]the cheapest vacation packages in new york new york[/url]
travel restrictions us state department http://xwl.in/map/north-dublin-map yahooo travel [url=http://xwl.in/maps/maps-of]maps of[/url]

Anonim mengatakan...

quanalt beach casino http://xwn.in/casino-online_casino-alicante-restaurante-esplanada mn lottery numbers
[url=http://xwn.in/casino-playing-cards_spanish-terms-for-playing-cards]free bonus blackjack mini online[/url] keno gambling deposit bonus [url=http://xwn.in/keno_finding-probabilities-in-playing-keno-numbers]finding probabilities in playing keno numbers[/url]
casino roulette games computer gambling http://xwn.in/casino-playing-cards_mohawk-playing-cards
[url=http://xwn.in/slot_hot-wheels-the-spongebob-squarepants-movie-slot-car-racing]money making pairs system program lottery[/url] weather picture bingo cards [url=http://xwn.in/roulette_flash-roulette-arcade]flash roulette arcade[/url]
sc education lottery http://xwn.in/slot_slot-2-ips ca lottery results [url=http://xwn.in/baccarat_baccarat-play-free-casino]baccarat play free casino[/url]

Anonim mengatakan...

rise of the silver surfer blu ray movie problems [url=http://moviestrawberry.com/films/film_stuck/]stuck[/url] italian movie about a boy having sex with a piece of liver http://moviestrawberry.com/films/film_lifes_decisions/ characters of disney movie tex
movie childstar [url=http://moviestrawberry.com/films/film_caprica_2009/]caprica 2009[/url] pictures of rambo with his knife from part 2 the movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_hunter/ movie starz rental
sexual movie scenes [url=http://moviestrawberry.com/films/film_killer_tomatoes_eat_france/]killer tomatoes eat france[/url] movie kid dreams he is lost in the north pole
bart simpson movie penis [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_nightmare_before_christmas/]the nightmare before christmas[/url] aag movie to download http://moviestrawberry.com/films/film_transformers_animated/ bangladeshi sex movie
ogunquit movie theatre [url=http://moviestrawberry.com/films/film_pop_skull/]pop skull[/url] free gay movie http://moviestrawberry.com/films/film_toxic_skies/ tommy lee jones new movie

Anonim mengatakan...

what movie is would you mind by janet jackson on [url=http://moviestrawberry.com/films/film_astrix_oblix_mission_cloptre/]astrix oblix mission cloptre[/url] movie rental business history http://moviestrawberry.com/films/film_a_day_in_the_life_70/ waco movie theater
apple movie player [url=http://moviestrawberry.com/films/film_halloween_4_the_return_of_michael_myers/]halloween 4 the return of michael myers[/url] kate beckinsale movie tiptoes http://moviestrawberry.com/films/film_the_amityville_horror/ catfights sample movie
when does the movie we are marshall come out on video [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_land_before_time/]the land before time[/url] reviews on the movie quicksilver
more than a carpenter movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_network/]network[/url] best way to watch movie on widescreen http://moviestrawberry.com/films/film_alvin_and_the_chipmunks/ free movie black dog sex knotting
movie corporate hindi plot [url=http://moviestrawberry.com/films/film_jeepers_creepers_ii/]jeepers creepers ii[/url] intsall windows movie maker http://moviestrawberry.com/films/film_seance_on_a_wet_afternoon/ movie new release

Anonim mengatakan...

doom movie cast list [url=http://moviestrawberry.com/films/film_make_mine_music/]make mine music[/url] horse gait movie http://moviestrawberry.com/films/film_driven/ girls get nude in movie
hair spray the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_kaze_no_tani_no_naushika/]kaze no tani no naushika[/url] no country for old men movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_usa/?page=49 movie theatres in glens falls new york
desney all star movie hotel [url=http://moviestrawberry.com/films/film_joshua_70/]joshua 70[/url] the stepfather movie
wedding singer movie song lyrics [url=http://moviestrawberry.com/films/film_fido/]fido[/url] famous players silvercity newmarket movie listings http://moviestrawberry.com/films/film_diary_of_a_serial_killer/ free twink movie galleries
gallipoli movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_toy_story_2/]toy story 2[/url] dragon ball live action movie http://moviestrawberry.com/films/film_poltergeist_ii_the_other_side/ sky movie cinimas

Anonim mengatakan...

the crucible comparing movie to play [url=http://moviestrawberry.com/films/film_last_stop_for_paul/]last stop for paul[/url] agains all odd the movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_day_after_tomorrow/ free movie video
free watch movie online [url=http://moviestrawberry.com/films/film_murderball/]murderball[/url] movie the ferryman http://moviestrawberry.com/films/film_pluto_s_fledgling/ the last seduction movie
panty movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_body_of_lies/]body of lies[/url] film or movie perfume
shemale cumshot movie gallereis [url=http://moviestrawberry.com/films/film_papillon/]papillon[/url] movie induced toursim http://moviestrawberry.com/films/film_the_driver/ international movie in cannes
hhancock movie theatreancoc [url=http://moviestrawberry.com/films/film_t_rex_back_to_the_cretaceous/]t rex back to the cretaceous[/url] movie farmer http://moviestrawberry.com/films/film_webs_of_intrigue/ forum movie mp4