Senin, 03 Maret 2008

THE FINISH LINE OF SKRIPS#!+ !!!


AKHIRNYA... akhirnya... setelah berkutat dengan skripsi selama lebih dari 13 bulan... setelah 13 bulan berkutat di depan laptop, tanpa pernah sedikitpun menyentuh novel yang tengah gua tulis... SKRIPSI GUA SELESAI! SELESAI! Wow betapa hari ini ga ada yang dramatis sebenernya, tapi rasanya dramatis sekali! Bayangkan! Thirteen f***in months! Kalo bayi udah bukan brojol lagi, tapi bahkan udah mulai merangkak. Dan skripsi ambisius itu baru lahir!

Udah sekitar dua minggu yang lalu gua akhirnya terjun ke pembahasan, berhenti mengutak-atik BAB I - BAB III untuk memuaskan kompulsi gua. Semuanya berjalan cepat. Aku membuat target: akhir Februari harus beres! Awal Maret draft skripsi harus masuk ke dosen pembimbing! Dan kerja rodi pun berjalan. Menginap di Arcamanik 53 dan di Panji pun dilakoni demi mendapatkan suasana kondusif untuk mampu mengerjakan pembahasan lebih cepat. Semuanya bergerak 2x lebih cepat daripada biasanya hingga akhirnya, aku tiba di minggu lalu. OK, got one more week to finish this baby, aku berkata pada diriku sendiri. Masih banyak waktu untuk bisa mengerjakan semuanya. And... look what happened to me:

Senin...
Gua ngangkut Buku Angkatan ke kampus bareng Ndu, habis itu ada rencana nonton JUMPER sama Mio n Hadi. Ternyata eh ternyata, penyerahan buku angkatan itu lama benge, bow. Soalnya pake penandatanganan para artis dulu. Setelah itu, barulah, ditambah Neno, kami berangkat menuju BIP, karena Hadi ingin makan ribs di BEC. Ternyata BIP penuhnya kayak pasar tumpah, jadilah kami mengungsi ke BSM. Dapet film yang jam 5. Beres nonton Mio balik, gua n Neno nemenin Hadi nyari kado buat Listy. Wah repot pisang... milihnya lama... dan akhirnya kami pulang jam... umm... setengah sembilanan? Neno langsung nebeng Hadi, jadi gua balik sorangan langsung ke Dago. Mampir dulu ke Ndu untuk ngambil MP3 Kandi, trus ngobrol dan lalala... nyampe rumah jam sepuluh lebih. Buka laptop, maksud hati mau langsung nyentuh skripsi, tapi terus ada tuyul-tuyul di YM yang ngajak ngobrol sampe jam setengah satu malem. Akhirnya gua terlelap... TANPA MENYENTUH SKRIPSI.

Selasa...
Paginya gua bouldering di Eiger. Siangnya ada janji sama Neno mo nyari kado buat Hadi si Kotaro Minami. Jadilah habis bouldering gua balik, mandi, lalu menunggu kabar dari Neno karena janjian sama doi di DU. Kok ga ada kabar-kabarnya ya? Setelah wangi dan kenyang, gua mulai buka laptop. Gua buka skripsi. Ini dia. Tapi sumpah bouldering bikin ngantuk, n ga ada kabar juga dari Neno, jadi akhirnya gua matiin aja tu laptop tanpa ada perubahan apa-apa di skripsi. Gua berbaring, dunia mulai mengabur, lalu... HP Esial gua berbunyi, Neno minta dijemput. Dengan kesel gua meninggalkan rumah n menjemput Neno di DU. Gua kesel, Neno error. Kami mampir di BTC, tapi gada yang sreg, jadi habis itu muter-muter dan mendarat di ITC. Lumayan di sana nggak cuman dapet kado buat Hadi, tapi juga dapet belanjaan murah (thx buat Neno yang nawarnya sekejam kompeni hehehehehe). Tapi Neno blom puas jadi kami mampir di depan BIP dan beli lagi kado tambahan. Setelah itu baru makan malem di Resep Moyang, di sana sekalian maghrib. Cukup lama di sana soalnya gua mesen 2 menu dalam selang waktu yang berjauhan dan mencatat komposisinya. Dari situ nganter Neno, baru gua sendiri balik. Sampe rumah jam 10-an. buka laptop dengan maksud mengerjakan skripsi... tapi tuyul-tuyul itu datang lagi! Mereka ganggu gua sampe jam 1-an. Setelah itu gua berbaring, lelah, teler, dan gua terlelap... TANPA MENYENTUH SKRIPSI.

Rabu...
Rabu Hadi ultah. Gua dan Neno berencana ngunjungin Hadi untuk nyerahin kado. Ga ada orang lain yang bisa ikut, jadi kami cuman bedua. Sengaja berangkat aga pagian, gua janjian sama Neno jam sepuluhan... karena kami tau sorenya si Hadi ada janji dinner romantis gitu sama E**. Eh ternyata Iqbal juga dateng. Setelah ngasi surprise n nyerahin kado kami semua asyik ngobrol dan mulai main poker. Ga lama kemudian si Hadi ditelepon sama si E** itu, ternyata acara dinner mereka hari itu terancam batal. Hadi tampak kecewa. Gua nyaranin Hadi untuk ngebiarin si E** ngambil keputusan daripada semua pihak ga enak. Hari semakin siang dan akhirnya kami memutuskan makan siang. Where? Hadi masih keukeuh pengen nyobain ribs di BEC. Jadilah kami berlima (plus Iwan) berangkat dengan Blu ke BEC. Hadi akhirnya ngundur jadwal dinnernya, padahal si E** udah bersedia. Yasudah kami makan ribs di BEC yang ternyata rasanya odong-odong. Si Iqbal cabut karena dipanggil sama monkey-nya. Kami pulang berempat ke Arcamanik 53. Di sana lelesehan sampe malem. Tadinya gua pengen cabut jam 7-an, tapi jam 8 ada Hanamichi Sakuragi di Animax! Jadilah gua n Neno nonton dulu sebelum balik. Seperti biasa gua mengantar Neno balik baru gua balik ke Dago. Sampe rumah sekitar jam 10-an. Buka laptop, lagi-lagi ada tuyul-tuyul. sampe jam 12, karena gua kudu nyimpen tenaga buat bouldering keesokan harinya. Dalam keadaan teler gua terlelap... TANPA MENYENTUH SKRIPSI.

Kamis...
Kamis pagi gua bouldering di Eiger. Udah ngomong ama nyokap, hari itu mo di rumah ngerjain skripsi, gada acara. Tapi ternyata eh ternyata, waktu lagi pemanasan untuk bouldering HP Esial gua jerit-jerit. Tumben-tumben si Mimim telepon-telepon pake Esial orang :p minta ditemenin ke Cimohay buat interview, naik angkot. Karena ga tega gua tawarin bawa Blu, meskipun dia yang kudu tanggung bensinnya. OK setuju. Saat gua pulang Mimim ngontak lagi, katanya Ndu juga ikut. Jadilah kami bertiga menuju Cimohay, sempet nyasar-nyasar, sampe akhirnya tiba di tempat interview PAS jam 2, pas waktu interview. Gua parkir. Kami turun. Mimim n Ndu masuk, trus keluar lagi, katanya interviewnya sampe jam 5-an. Gua nungguin di dalem Blu sambil baca-baca bukunya Osho sambil dengerin musik2. Jam 5 beneran beres, kami meninggalkan Cimohay. Mimim n Ndu tampak stres setelah dipaksa mengerjakan berbagai macam tes termasuk Pauli. Gua ajak mereka nonton LOVE tapi Ndu mau balik, katanya mu belajar buat seminar. Jadilah gua nonton bedua sama Mimim. Awalnya mampir di Bragawalk tapi waktu ga dapet parkir baru mikir, kenapa ga nonton di Ciwalk aja ya? Tempat makannya juga lebih jelas. Jadi kami pindah ke Ciwalk. Pesen tiket nonton jam 19:45. Palingan beres jam 9-an. Setelah itu kami makan di Gokana Teppan, Mimim makannya lama, habis itu kami sibuk lari-lari ke bioskop gara-gara ketinggalan :p buset bo, filmnya ternyata lebih dari 2 jam! Beres jam 10, giliran kami lari-larian karena lewat setengah sepuluh malem kosan Mimim digembok :D pake acara Mimim ke ATM dulu, gua mampir pombensin dulu (karena bensin Blu udah sekarat), baru nyampe Bangbayang. Mimim minta dianter sampe ke kosan dan beneran... kosannya udah digembok. Untung dibukain :D gua balik, sampe rumah jam setengah sebelasan. Masuk kamar, ngidupin laptop, mu kerja, eh ada Panjita n Rizky, n mereka malah ngajakin gua conference. Jam 1 malem Rizky tumbang, Panjita masih ngerjain slide buat seminar, n gua ikutan tumbang. Sekali lagi, Saudara-Saudara... TANPA MENYENTUH SKRIPSI.

Jumat...
Panjita seminar! Gua bela-belain dateng ke Jatinangor demi dia n gua janji mu nginep di tempatnya untuk numpang ngerjain skripsi. Beres seminar, gua n Rizky ngekor Panjita ke kosannya. Beres jumatan kami makan mewah di Ikonyo... ditraktir boss yang happy baru seminar :) dari Ikonyo, mampir ke Jatos, gua sama Rizky ngincer Richis, eh sialan tu Superindo ga punya Richis :p jadilah kami belanja makanan-makanan lain. Keluar dari Superindo malah hujan, jadilah kami numpang nongkrong di 21 :D keluar dari 21, lewat KFC, liat jam 15:30... dan terbersit... KFC ATTACK! Nggak laper sih, tapi siapa yang mu nolak traktiran kedua? Jadilah kami makan lagi di KFC. Waktu itu ujan udah berenti. Nah beres makan, ujan malah turun lagi. Akhirnya jadilah kami kembali ke kosan Panji hujan-hujanan :D di kosan Panji kongkow2 ge jelas, sampe akhirnya malem tiba, gua mu ngerjain pembahasan SKRIPSI, n baru nyadar gua butuh buku yang dipinjem sama Windu. Jadilah gua janjian makan malem sama Windu :p Panji mengambil langkah pintar dengan tinggal di kosan, sementara gua n Rizky cukup gegabah dengan pesan makan malam lagi: rasanya makanan ga muat lagi masuk. Hasil shit-up gua sebulan penuh hilang dalam sehari... perut gua kembali membuncit! KURANGAJAR! Setelah makan malam Rizky langsung balik, tapi justru Windu yang ngikut ke kosan Panji. Dan itulah awal bencana. Nyampe kosan Panji, gua kekenyangan, dan teler, gua mutusin langsung berbaring dan nyetel alarm jam 1 malem. Gua pun terlelap... TANPA MENYENTUH SKRIPSI.

Sabtu...
Mimpi buruk menjadi kenyataan. Gua bangun jam 1 malam dan mendapati Windu masih ngoprekin kompinya Panji. Si empunya sih udah molor kayak beruang. Kayak beruang mati, malah, ga gerak :D gua membuka laptop dan akhirnya membuka SKRIPSI. WOW! tapi ternyata tuyul bernama Windu itu menghujani gua dengan obrolan yang menyulitkan gua, dan ujung2nya dia malah nyetel DVD THE PRESTIGE! AAARRRGGGHHH!!! Ga sadar gua malah keikutan nonton, dan waktu akhirnya Windu matiin DVD itu gua udah ga konsen lagi. AAARRRGGGHHH!!! Gua mulai ngantuk lagi dan ketiduran lagi. Kebangun lagi pagi-pagi, udah kudu siap-siap buat balik ke Bandung. Dan gua pun balik ke Bandung naik DAMRI. Di bus DAMRI gua tidur nyenyak banget. Sampe rumah gua terusin dalam bentuk tidur siang. Sorenya gua bangun. Baru gua buka laptop mu ngerjain skripsi, Panjita dateng nitip motor. Disusul Mae. Setelah maghrib mereka baru pergi. Gua merasa teler. Jadilah, setelah makan malam, tanpa ba bi bu lagi, gua membaringkan diri di atas kasur dan terlelap... TANPA MENYENTUH SKRIPSI.

Minggu...
Gua bangun agak siangan. Setelah bermalas-malasan dan sarapan sekenanya, gua baru mengingat sesuatu... D-O-O-O-H! GUA ADA JANJI SAMA EKA! Jadilah gua mulai bersiap-siap. Eka mu dateng minggu pagi buat diskusi fenomenologi. Setelah beres-beres, kenyang, n wangi, gua mulai menunggu Eka. Gua menghidupkan laptop gua dan membuka file skripsi. Tapi baru aja gua baca Bab pertama, tiba-tiba HP Esial gua jerit-jerit. Eka udah di depan! Gua parkirin mobilnya n gua ajak dia masuk. Dan dimulailah diskusi panjang yang diselingi dengan ngemil banyak makanan. Buset deh, ternyata Eka lama juga di rumah gua. Doi baru pulang jam setengah 4 sore. Setelah doi balik gua beresin paviliun gua, beresin gelas-gelas, piring-piring, kertas-kertas, n buku-buku. Lalu gua mengembalikan laptop gua ke meja kerja dan gua menarik nafas dalam. Start jam 4. Dalam waktu kurang dari sehari, gua kudu menyelesaikan semuanya. Nothing will screw me again this time.

MINGGU MALAM S.D. SENIN PAGI...
Gua bekerja dengan kapasitas orang gila. Maksudnya, kerja gila-gilaan. Gua paksa otak n mata gua melewati limit yang sewajarnya. Bab demi bab terlampaui sudah. Pembahasan dikerjakan dengan kecepatan shin-kan-sen. Senin dini hari, jam 2 pagi, gua akhirnya tumbang... dengan bab 4 beres. Jam 6 pagi bangun, setelah sedikit seger gua melanjutkan pekerjaan gua, merapikan lagi Bab 4 lalu melanjutkan Bab 5... dan... JAM SEPULUH PAGI, SEMUANYA BERES.

IS THAT IT???

Gua ga tau kudu ketawa ato nangis. Ternyata gua mampu, ya, mengerjakan sebanyak itu hanya dalam semalam... kalo kepepet??? KENAPA GA DARI DULU YA???

Waktu Panjita datang siang-siang dari Jakarta, gua udah bisa berseri-seri. SKRIPSI GUA AKHIRNYA BERES! Tinggal masukin draf itu ke dosen pembimbing, lalu nunggu jadwal forum. N finally... gua bisa mengerjakan banyak hal lain lagi. Nulis novel yang paling gua rindukan. Nulis blog ini juga, tentunya :p

SO THIS IS THE FINISH LINE OF MY SKRIPSI.

P.s. Blom bener-bener selesai sih. Habis ini masih ada forum, revisi-revisi, pelengkapan administrasi, sidang, dan... AAARRRGGGHHH!!! :D

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Ih gak ada nama gw disebut2 :(

Rizal Affif mengatakan...

Ada sebenernya, tapi gua ga tega... :p

infi mengatakan...

SALUTE!!!
Jadi pengen mengikuti jejakmu, hehe..
^-^